“Sosialisasi Merdeka Belajar oleh Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikdasmen 2020 Kemdikbud R.I”

Jum'at, 20 Maret 2020 09:20 WIB

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang mendapat sambutan hangat pada kunjungan di Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikdasmen, Republik Indonesia pada10 maret 2020 lalu.  Direktur SD (Dr. Khamim) membuka acara silaturahmi kami dan dilanjutkan pengarahan dari Kaprodi PGSD (Dyah Worowirastri E, M.Pd).  Kami senang telah diterima dengan baik oleh pihak Direktorat SD Kemdikbud R.I dalam kegiatan Studi Excursie 2020 ucap Dyah. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, dan ini sudah tahun ke III yang melibatkan 200 mahasiswa dan 10 dosen. Kegiatan ini harus bersinergi dalam memberikan pelayanan dunia pendidikan khususnya tentang kebijakan pemerintah tahun 2020.

"Koordinasi ini sangat hangat sekali, materi langsung diberikan oleh Bapak Direktur, tentang Arah kebijakan Nasional di Indonesia, Tugas dan Fungsi Direktorat Sekolah Dasar, Rencana Kegiatan Direktorat Sekolah Dasar, Kebijakan Merdeka Belajar serta Penjelasan Juknis Bos 2020, Selain itu beliau berpesan kepada mahasiswa dengan jumlah 115 mahasiswa PGSD-FKIP UMM mengajak tentang menuju kerangka piker pembangunan manusia, “Pembangunan Manusia dilakukan berlandaskan tiga pilar Pembangunan”bagaimana menjadi manusia yang berkualitas dan berdaya saing, melalui sehat, cerdas,adaptif,kreatif, inovatif, terampil dan bermartabat. Selain itu sambutan langsung diberikan oleh Penjab Substansi Fungsi Peserta Didik, Penjab Substansi Fungsi Sarana Prasarana, Penjab Substansi Fungsi Tata Kelola, Penjab Substansi Fungsi Penilaian, dan setiap devisi memiliki Analis kebijakan masing-masing, beliau menyampaikan langsung tentang Pelaksanaan Fasilitasi pemberdayaan dan penguatan kapasitas penyelanggaraan di SD,

Direktur SD (Dr. Khamim) mengingatkan kembali tentang “Merdeka Belajar Episode 1”beliau menyampaikan tentang pokok-pokok kebijakan Merdekna Belajar, 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), 2) Ujian Nasional, 3) RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi. Mahasiswapun berbondong- bondong mengangkat tangannya untuk berdiskusi, betul- betul mahasiswa terlihat sangat puas sekali dengan kunjungan ke Direktorat SD, Kemdikbud R.I. (AR/100320).

Shared: