Leads Your Creativity Goes to PIMNAS and Be an Entrepreneur

Senin, 28 Mei 2018 15:40 WIB  

Leads The Creativity Goes to Pimnas and Be an Entrepreneur

Menjadi sukses bukan lagi sebuah mimpi, Be an entrepreneur kini semakin terbuka sebagai kontribusi  eksistensi revolusi industri 4.0. Senin 28 Mei 2018 bertempat di AULA GKB IV lantai 9 Program Studi PGSD UMM menghelat acara workshop PKM dengan tema leads your creativity goes to PIMNAS and Be an Entrepreneur. Kegiatan workshop PKM ini terbuka bagi mahasiswa PGSD UMM mulai dari angkatan 2015 sampai dengan angkatan 2017. Tujuan dari forum ini selain untuk membekali mahasiswa dalam ajang PKM tetapi juga sebagai bentuk motivasi agar mahasiswa PGSD kelak mampu mengembangkan prestasi dan kreativitas sebagai citra hidup bermasyarakat. Forum kali ini mendatangkan pemateri yang luar biasa tentunya dengan segudang prestasi dan pengalaman yang inspiratif.

Pemateri pertama disampaikan oleh Anfike Mentu, S.Pd.Gr yang akrab disapa Kak Anfi. Beliau adalah alumni PPG SM3T UMM yang saat ini mengajar di Sekolah Dasar Indonesia di Sabah Malaysia. Dalam dialog materinya, kak Anfi menuturkan beragam pengalamannya mulai dari mengabdi untuk mengajar SM3T hingga saat ini bisa menjadi guru di Sabah Malaysia. Tentuya untuk bisa meraih itu semua diperlukan upaya dan semangat yang luar biasa.

Pemateri selanjutnya oleh Dessy Maria Ulfa. Kak Dessy merupakan mahasiswa PGSD UMM angkatan 2012 yang patut jadi inspirasi bagi adik-adik tingkatnya karena dessy adalah mahasiswa  yang aktif dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dalam forum tersebut, Dessy menceritakan pengalamannya mengajar di tiga negara mulai dari vietnam, cambodia, dan China. Meskipun sempat  mengalami patah arang, namun Dessy tetap semangat agar tetap bisa menunaikan tugas mengajarnya. Kalahkan rasa takutmu, dan keluarlah dari zona nyaman dengan melewati beragam tantangan, ujar dessy. Disambung oleh pemateri ke tiga ada Dina Riskiana, S.Pd.Gr atau akrab disapa Kak Dina Pendongeng. Gadis Kelahiran Tegal ini adalah pendongeng yang tergabung  dalam komunitas kampung tegal. Bagi Dina, dongeng adalah media yang menarik sebagai sarana mengajar dan memotivasi anak. Menurutnya pendidikan dapat dilakukan di manapun, karena pendidikan tidak hanya diperoleh di Sekolah formal.

Sebagai apresiasi dalam forum ini turut hadir Dr. Drs. Untung Santoso, M.Si. Beliau adalah Dosen FPP UMM, Entrepreneur, dan sekaligus tim reviewer Nasional pada ajang PIMNAS. Dalam dialognya, pak Untung menuturkan kiat-kiat menyusun proposal PKM dan kewirausahaan. Menurut beliau proposal PKM harus kreatif, dan inovatif agar bisa lolos dan dibiayai. Untuk meningkatkan motivasi Mahasiswa dalam bidang PKM, workshop kali ini mendatangkan mahasiwa PGSD UMM. Adalah Fitria Dewi Anggraeni dan Moh. Arief mahasiswa yang menjuarai PKM dan PIMNAS sampai tingkat nasional. Melalui ajang bergengsi tersebut keduanya mampu membawa nama baik prodi, fakultas, bahkan Universitas. Dengan prestasi tersebut semoga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya (KN/28-5-18)

Shared: