Raker FKIP 2018

Minggu, 15 April 2018 11:21 WIB

RAPAT KERJA FKIP 2018

 

Penyusunan dan Pemantapan Program Kerja Menuju FKIP-UMM yang Berstandar Internasional (Periode 2018-2022

FKIP Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Rapat Kerja dengan mengusung tema”Penyusunan dan Pemantapan Program Kerja Menuju FKIP-UMM yang Berstandar Internasional (Periode 2018-2022)” pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 April 2018 di Hotel Orchid Batu. Acara dibuka oleh Bapak Wakil Rektor I dan dihadiri oleh Bapak Dekan dan Wakil Dekan 1,2,3 FKIP, para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FKIP termasuk Kaprodi PPG, Ka. UPT Magang, Ka. PPMP, Ka. Lab. Biologi, Ka. Lab. Kimia, Ka. Lab. Bahasa, Ka. Lab. Drama, Seluruh Dosen Tetap dan Calon Dosen Tetap, serta seluruh karyawan tetap FKIP.

Bapak wakil Rektor I dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan sebuah  kegiatan dalam rangka menyusun Rencana Strategis sebagai petajalan yang wajib ditapaki, dicermati dan dievaluasi  oleh  penyelenggara di UMM  termasuk  fakultas dan  program  studi  serta bagian-bagiannya sebagai suatu Ijtihad kreatif-inovatif untuk dilaksanakan. Supaya bersifat strategis, maka semua aktivitas/program yang dilaksanakan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi, (b) responsif terhadap peluang yang ada, dan (c) didukung dengan konsep dan perancangan yang layak (feasible).

Kekuatan ini tak dapat dengan serta merta dapat kita tetapkan, namun harus kita lihat berdasarkan evaluasi diri secara utuh  berdasarkan  pertimbangan  faktor internal dan eksternal. Untuk dapat merespon peluang yang ada, tentunya kita harus pandai untuk melakukan evaluasi diri secara jujur. Dengan demikian, strategi yang ditulis layak dilaksanakan dan secara sistemik dapat tercapai.

Untuk merealisasikan agar fakultas dan prodi memiliki sinergi yang bermanfaat, maka dalam perencanaan strategis ini  harus mampu mendukung visi universitas, fakultas maupun prodi. Berlandaskan pada SWOT atas penyelenggaraan fakultas dan prodi tertentu, maka dipilih strategi dasar untuk menuju exelency sebuah pendidikan tinggi melalui pembenahan sistem manajemen mutu akademik dan pelayanannya. Sasaran strategis ditujukan untuk meningkatkan akreditasi, meningkatkan publikasi ilmiah nasional dan internasional, merit sistem  (sistem  kecakapan),  keterkaitan  dan  jalin  padu  antara  industri  dan kampus sehingga waktu tunggu memperoleh pekerjaan menjadi pendek, dengan demikian fakultas dan prodi mampu menghasilkan  produk  pendidikan  yang optimal.

Adapun susunan acara hari ini meliputi (1) Sambutan dari Bapak Dekan FKIP, (2) Sambutan sekaligus pembukaan oleh Bapak Wakil Rektor I UMM, (3) Pemaparan renstra FKIP oleh Dekan FKIP, (4) Pemaparan renstra Bidang 1,2,3 oleh wakil Dekan I, 2, 3 FKIP UMM, (5) Pemaparan renstra Prodi dan Laboratorium dilingkungan FKIP, (6) Sidang komisi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, keuangan dan administrasi dan kemahasiswaan, dan (7) Penutup acara oleh bapak Dekan FKIP.

Shared: