Yudisium Periode II 2018: Membangun Generasi Mandiri dan Berintegritas

Rabu, 09 Mei 2018 15:15 WIB

 

Yudisium Periode II 2018: Membangun Generasi Mandiri dan Berintegritas

Rabu, 9 Mei 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) kembali melepas 230 calon guru profesional. Selama mengemban ilmu di FKIP UMM mereka telah dibekali kemampuan meneliti, berwirausaha, dunia sosial, dan bahasa inggris.

Dalam pesan sambutan yudisium,  Dekan FKIP UMM Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes menekankan bahwa ketika saudara mempunya rasa bebas tidak tergantung orang lain,  menjadi orang yang bermanfaat,  dan berguna maka harus bisa menjadi orang yang mandiri. Perlunya menjadi pribadi yang mandiri dan berintegritas dalam mewujudkan kesuksesan karir. Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes juga menitipkan semangat DUA-P.

Pertama, Doa. Mulai dan jangan pernah lelah berdo'a. Do'a adalah kunci dari kesuksesan hidup dunia dan akhirat. Kedua, Ulet (kerja keras dan tekun). Seseorang tidak boleh cepat lelah, ia harus terus berupaya maksimal. Ketiga, Adaptif. Kita harus mampu beradaptasi, dimanapun harus mampu dan bisa diterima diberbagai tempat dan bidang, pergaulan luwes, dan disenangi banyak orang karena memegang teguh kejujuran. Dengan demikian, kita tidak terpengaruh pada hal yang negatif. Keempat, Pembelajar. Hidup harus terus belajar,  jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang diperoleh, terus memperbarui kemampuan diri. Jika ada kemauan tingkatkan lagi ke jenjang berikutya. Jadi orang harus rendah hati jangan terlalu puas dengan apa yang dimiliki.

Selanjutnya yudisium ini juga menghadirkan inspirator dari alumni FKIP UMM. Beliau adalah Kaprodi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Ririn Dwi Agustin dan Miftahussururi salah satu alumni dari program Indonesia Mengajar. Keduanya sama-sama memberikan pengalaman dan pandangan dalam menghadapi dunia kerja. Berbagai opsi yang bisa dipilih ketika telah menyandang gelar sarjana juga telah disampaikan. Dengan tujuan agar calon wisudawan mampu menentukan langkah ke depan.

Pada yudisium periode II tahun 2018 ini lulusan terbaik tingkat fakultas diperoleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar atas nama Sasmita Agustina dengan IPK 3,97. Selain unggul dalam bidang akdemik, mahasiswa yang kerap disapa dengan Mita ini juga unggul dalam bidang non akademik yaitu bidang seni tari (Author: NS/ 090518)

Shared: