Profil Singkat

Profil Pendidikan Guru Sekolah Dasar Secara Struktural Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mempunyai stru...

Detail
about

Profil Singkat

Profil Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secara Struktural Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari Ketua Program Studi dengan dibantu  dua orang Sekretaris Program Studi, dan didukung dosen berjumlah 50orang (45 dosen tetap sesuai PS dan 5 dosen tetap di luar PS,  5 dosen tidak tetap.  Dari dosen tetap tersebut 18 orang sudah bergelar doktor, dan yang lain berkualifikasi S2.

Rekruitmen mahasiswa baru sudah dilakukan melalui sistem yang baik. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti tes tertulis meliputi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris serta test wawancara. Rekruitmen dilakukan di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT – PMB) Universitas Muhammadiyah Malang. Jumlah mahasiswabaru yang diterima tiap angkatan rata-rata 300 mahasiswa. Jumlah Total mahasiswaPGSD pada tahun 2018 adalah 1296,yangberasaldariberbagai wilayahdi Indonesia dengan komposisi;Jatim 92%, Jateng 4 %, Jabar & Jakarta 1%,NTB 2 % Lain-lain 2 %.

Dalam rangka menghadapi tantangan MEA, maka PGSDmemberlakukan Kurikulum Perguruan Tingggi (KPT) yang didasarkan pada dinamika kebutuhan masyarakat, regulasi terkait pendidikan tinggi, visi dan misi perguruan tinggi, khususnya program studi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pemutakhiran kurikulum dan penyusunan langkah strategisnya sangat diperlukan dan mendesak sifatnya berkaitan dengan tantangan dan ancaman yang dihadapi lulusan PGSD agar memiliki daya saing dan daya tawar yang tinggi. Prodi PGSD memiliki 46 mata kuliah dengan jumlah sks yang ditawarakan 146 sks, yang terdiri dari 132 sks matakuliah wajib, dan 14 Matakuliah pilihan.

Dari semua mata kuliah tersebut diatas ada ciri khas yang membedakan prodi PGSD dengan prodi yang lain, yaitu Prodi PGSD FKIP UMM memiliki unggulan Pendidikan Inklusi dan islami, selain itu dalam kurikulum PGSD juga menyediakan beberapa matakuliah pilihan seperti Managemen Berbasis Sekolah, layanan BK, pembelajaran Tematik, Seni Budaya Jawa, Pembelajaran ABK, Kepramukaan, Seni budaya jawa dan karawitan yang masing-masing ditempuh dengan bobot 14 sks. PGSD juga membekali mahasiswa dengan jiwa interpreneurship yang diawadahi dengan MK kewirausahaan (2 sks). selain sebagai Dalam penyusunan kurikulum sendiri melibatkan beberapa pihak antara lain Ketua Program Studi, Sekretaris Jurusan, Tim penyusun pakar Kurikulum dan seluruh dosen PGSD, alumni serta melibatkan Stakeholder.

Kegiatan akademik yang rutin dilakukan adalah perkuliahan, praktikum, pelatihan, penelitian, seminar, diskusi dan pembimbingan. Pembimbingan mata kuliah dilakukan awal semester dan berlanjut keperkuliahan. Kegiatan tutorial dilakukan 16 kali. Dosen dan mahasiswa diwajibkan mengisi buku kehadiran. Evaluasi kehadiran dosen dilakukan oleh prodi, fakultas dan universitas. Khusus mata kuliah yang ada praktikumnya, maka dilengkapi juga dengan kegiatan praktikum. Sistem evaluasi akademik telah dilakukan melalui Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA) Universitas Muhammadiyah Malang. Di tingkat Fakultas penjaminan mutu disebut KKMA dan di tingkat prodi disebut dengan TKKA.

Untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran telah disediakan beberapa Ruang kuliah yang dilengkapi Multimedia, dan sistem monitoring melalui CCTV. Sistem Informasi Akademik juga disediakan dengan sumber informasi dibawah kendali BAA dan dapat diakses di semua unit-unit dalam kampus (intranet) dan jaringan internet

Mulai th 2010 sistem pelayanan akademik di tingkat Universitas pada Biro Akademik, mahasiswa dan keuangan mahasiswa menerapkan ISO  9001 :2008 sebagai upaya untuk memberikan kepuasan pada stakeholder. Integrasi sistem informasi antar setiap unit sedang dilakukan yang meliputi sistem dengan unit-unit penting yang akan terhubung adalah: Rektorat, Biro Administrasi Umum, Biro Keuangan, Biro Akademik  Biro Kemahasiswaan, perpustakaan, UP Internet, pusat komputer, dan semua fakultas.

Kegiatan penelitian dan pengabdian dosen melalui banyak sumber dana, antara lain biaya sendiri (penelitian mandiri), penelitian kerjasama dengan instansi pemerintah dan industri, biaya DPP universitas, dan biaya DIKTI. Penelitian atas biaya DPP UMM berupa penelitian bidang ilmu (PBI) dan penelitian program unggulan (PDK). penelitian ini dilakukan setiap semester dan dapat berkesinambungan untuk beberapa semester.

Jumlah penelitian yang dilakukan oleh dosen – dosen di PGSD dari th 2014sampai dengan 2016sebanyak 173judulyang didanai dari Universitas maupun Dikti, rata – rata 57-58judul/th. Perolehan Haki / patent sebanyak 16. Demikian juga untuk publikasi pada jurnal terakreditasi di program studi PGSD sebanyak 3, jurnal internasional 3, prosiding 31. Kegiatan pengabdian pada masyarakat  yang telah dilakukan adalah lokakarya dan peningkatan mutu pembelajaran untuk guru – guru sekolah dasar di kota dan kabupaten Malang. Selain dalam bentuk pengabdian untuk Sekolah – sekolah dasar di Malang juga dijadikan sebagai mitra / pendamping untuk kerjasama meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar. Program studi PGSD mempunyai misi mengembangkan pendidikan kesederajatan (inklusi ) oleh karen itu  PGSD juga menjalin kerjasama dengan SLB pembina di Lawang untuk pengembangan pendidikan kesederajatan (inklusi).

Dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan program studi PGSD strategi pelaksanaan pemgembangan program studi untuk lima tahun kedepan secara umum akan dilakukan melalui program – program :1).Tersusunnya kurikulum revisi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis pendidikan kesederajatan/inklusi) serta penjabaranya ke dalam silabus setiap mata kuliah.2). Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan pemanfaatan multimedia 3).Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan. 4).Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi rata-rata lebih dari 3,00, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola pembelajaran kesederajatan di sekolah inklusi. 5).Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman studi lanjut dan magang. 6).Melaksanakan kegiatan 15 penelitian dosen tentang pembelajaran di SD, 30 % diantaranya berorientasi pada pembelajaran di SD inklusi. 7).Terpublikasinya 10 jurnal ditingkat regional maupun nasional

Pengelolaan infrastruktur sebagian tersentral dari Universitas dan Fakultas, dan sebagian lagi dikelola dan diatur sepenuhnya oleh Program Studi. Penggunaan gedung perkantoran dan ruang kuliah bersama diatur sepenuhnya oleh universitas melalui Biro Administrasi Umum (BAU) dan Biro Administrasi Akademik (BAA). Beberapa laboratorium diatur pengelolaannya oleh unit-unit terkait dan oleh Fakultas. Pengaturan penggunaan ruang kuliah dikelola Fakultas dengan mempertimbangkan Jurusan/Program Studi di bawahnya, sesuai kuota ruang yang diberikan Universitas. Laboratorium selama ini yang digunakan adalah Sentra Tematik, Sentra MIPA, Sentra IPS dan PKN, sentra Penjaskes dan seni budaya, Lab. Biologi, Lab Drama, Lab. Microteaching, Lab. Puspa IPTEK, dan Lab. Komputer, khusus untuk matakuliah penjaskes prodi PGSD menggunakan fasilitas yang ada di Taman Rekreasi Sengkaling UMM (misal Kolam Renang).

Kerjasama untuk pengembangan program studi, peningkatan mutu lulusan, dan pendukung visi, misi sudah banyak dilakukan. Saat ini ada 32Instansi yang menjalin  kerja sama dengan program studi  PGSD.Kerjasama yang dilakukan PS PGSD dilakukan dengan sekolah-sekolah SD Negeri, SD swasta unggulan yang merupakan rintisan sekolah bertaraf Internasional (RSBI) di wilayah Jawa Timurterutama wilayah Malang dan Batu, maupun sekolah-sekolah Muhammadiyah. Kerjasama ini dilakukan  Selain itu juga dilakukan kerjasama dengan instansi tempat magang mahasiswa. Dari tempat magang, mahasiswa mendapat wawasan untuk berwirausaha mandiri.  Mulai tahun 2016 , PGSD FKIP juga telah mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti magang internasional ke Shongla Tailand. Hubungan kerjasama dengan lembaga luar negeri sudah dirintis melalui program-program  yang berupa shortcourse, workshop, studi banding, beasiswa untuk mahasiswa maupun dosen. Contoh :Erasmus Mundus, Program Bermutu Asia- Eropa (short course) IDP Australia(konsultan pendidikan), CERD (Kerjasama UMM danBelanda dalam pengelolaan sampah), USAID(penelitian tindakan/ action research, SMCHI (penanggulangan global warming), Program Fullbright(beasiswa). Tahun 2015-2016 dijalin kerjasama antara PGSD FKIP UMM dengan SIB Bangkok Thailand.Beberapa dosen terlibat dalam pengajaran mahasiswa asing (BIPA) untuk mata kuliah seni budaya.  Selain Itu juga studi banding pembelajaran ke USM (Universitas sains Malaysia) bulan juli 2012. Melalui kerjasama dengan berbagai instansi, baik dalam maupun luar negeri, Program Studi dapat mengetahui perkembangan dan spesifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan stakeholders sehingga Program Studi dapat menyesuaikan kurikulum agar lulusan terserap di pasar kerja.

Shared: