PGSD UMM
Universitas Muhammadiyah Malang
PGSD UMM
Universitas Muhammadiyah Malang

Visi dan Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

1.1.2 Visi
Pada tahun 2021, menjadi  program  studi  penyelenggara pendidikan Guru SD  yang kompetitif dan unggul dalam bidang  Ipteks  berdasarkan nilai-nilai Islami, di tingkat nasional
 
1.1.3  Misi
1)      Menyelenggarakan pendidikan, dengan mengedepankan   pendidikan kesederajatan  (inklusi), dalam menyiapkan  mahasiswa menjadi guru SD yang profesional dan Islami
2)      Meyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan,  keislaman dan kemuhammadiyahan
3)      Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat  sebagai  tanggungjawab profesional  berasaskan amal usaha muhammadiyah menuju masyarakat sejahtera dalam kerangka rahmatan lil’ ālam īn.
4)      Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan  ke SD-an.
5)     Menanamkan sikap dan semangat keunggulan kepada seluruh civitas akademika, dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan lembaga
 
 
1.1.4 Tujuan
1)       Menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru SD profesional  dan kompeten dalam pendidikan  inklusif, yang mampu bersaing ditingkat nasional.
2)     Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi di SD (B.Indonesia, Matematika, IPA, IPS, , Pkn.
3)     Terselenggaranya program pengembangan penelitian tindakan kelas dan ke SDan
4)     Menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEKS dibidang PGSD untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat
5)     Menjalin kerjasama (
networking) dengan lembaga atau institusi terkait guna meningkatkan mutu lulusan
 
1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran yang ingin di capai oleh program studi PGSD sampai dengan tahun 2012 adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, sehingga terpenuhinya angka kecukupan akreditasi, dengan rincian:
  1. Tersusunya renstra program studi dan tersosialisasikan ke seluruh civitas akademika.
  2. Tersusunya kurikulum revisi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis pendidikan kesederajatan/inklusi) serta   penjabaranya ke dalam silabus setiap mata kuliah.
  3. Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan pemanfaatan multimedia
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan.
  5. Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi rata-rata minimal 2,75, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola pembelajaran kesederajatan di sekolah  inklusi.
  6. Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman studi lanjut dan magang.
  7. Melaksanakan kegiatan 10 penelitian dosen tentang pembelajaran di SD
  8. penyelenggara inklusif dan SD umum
  9. Terpublikasikannya 20 karya ilmiah dosen dan mahasiswa di jurnal lokal dan Nasional.
  10. Melaksanakan 5 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Menejemen Berbasis Sekolah di SD Inklusif dan SD umum se  Malang  Raya.
  11. Menjalin kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) ”Pembina” dan Tim 
  12. Pengembang sekolah Inklusi Jawa Timur untuk peningkatan SDM dosen dan kualitas  lulusan.
1.1      Sosialisasi
        Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
 
Program studi PGSD berupaya mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan sasaran dengan melakukan beberapa  kegiatan. Kegiatan yang dilakukan Program Studi PGSD adalah melalui; web, seminar, pelatihan, pengabdian  masyarakat, pembuatan buklet dan leaflet, publikasi melalui mahasiswa baik mahasiswa Reguler maupun mahasiswa PJJ PGSD berbasis ICT yang masih aktif untuk ikut serta mempublikasikan Program studi PGSD.

 

 

 

 

Shared: