BERITA

AGENDA

PENGUMUMAN

BEASISWA

Visi dan Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

 

Visi:

Pada tahun 2030, menjadi  program  studi unggul dan profesional dibidang IPTEKS ke- SDan berdasarkan nilai-nilai Islam

 

Misi:

1.    Menyelenggarakan pendidikandan pembelajaran yang bermutu dibidang IPTEKS ke SDan untuk menghasilkan pendidik yang profesional dan islam.

2.    Menyelenggarakanpenelitian di bidangIPTEKSkeSDan yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.

3.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang IPTEKS ke SDan untuk menwujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif dan sejahtera.

4.    Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalammengembangkan keilmuan di bidang pendidikan  ke SD-an

5.    Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan secara efektif dan efisien untuk menunjang mutu prodi.

 

Tujuan:

1.    Menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik SD profesional serta kompeten dalam pembelajaran ABK di SDinklusi, berdasarkan nilai-nilai Islam

2.    Menghasilkan lulusan sebagai peneliti di bidang IPTEKS ke SDan yang profesional dan berdasarkan nilai islam

3.    Menghasilkanlulusan yang mampu menerapkan IPTEKS di bidang ke SDan kepada masyarakat

4.    Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu prodi

5.    Menghasilkan tatakelola kelembagaan secara efektif dan efisien untuk menjamin mutu prodi.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang ingin dicapai oleh program studi PGSD sampai dengan tahun 20130 adalah terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian maupun sosial yang didasarkan nilai-nilai Islam, serta adanya jejaring kerjasama dengan pihakluar, baik dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri (kawasan ASEAN).

Perumusan sasaran Prodi tertuang dalam Resntra dan Renop yang secara hirarki dikembangkan melalui tujuan prodi sebagai berikut:

1.    Menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik SD profesional serta kompeten dalam pembelajaran ABK di SD inklusi, berdasarkan nilai-nilai Islam.

2.    Menghasilkan lulusan sebagai peneliti demi terselenggaranya program pengembangan penelitian tindakan kelas dan penelitian ke SDan.

3.    Menghasilkan lulusan yang mampu menyebarluaskan IPTEKS untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat dibidang ke SD an.

4.    Menghasilkankerjasama (networking) dengan lembaga atau institusi terkait guna meningkatkan mutu lulusanbaik dalam negeri maupun luar negeri.

5.    Mengembangkan tata kelola kelembagaan Prodi yang efektif, efisien, dan berciri Islam untuk meningkatkan mutu lulusan dan profesionalitas prodi

 

Sosialisasi

Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

1.    Dosen

a.        Pemasangan frame foto visi, misi dan tujuanprogram studi di setiap ruang kantor, ruang laboratorium ke SDan, perpustakaan, Laboratorium Microteaching, dan ruang kelas program studi PGSD.

b.        Pembahasan pada Seminar lokal, Lokakarya kurikulum, program kerja jurusan.

c.         Membuatkan block noteprogram studi PGSDyang berisi visi misi, dan tujuan, dan profilProgram Studi PGSD.

d.        Ditulis didalam buku pedoman akademik PS PGSD FKIP UMM untuk dipergunakan oleh mahasiswa, tenaga akademik, serta tenaga kependidikan.

e.        Dimuat dalam website resmi prodi PGSD FKIP UMM (http://pgsd.umm.ac.id)

f.          Didokumentasikan di dalam Dokumen kurikulum prodi PGSD

g.        Didikumentasikan didalam Dokumen spesifikasi Capaian Pembelajaran PS PGSD FKIP UMM

h.        Disosialisasikan melalui pembuatan Banner Visi, Misi, Tujuan yang dipasang di tempat-tempat yang mudah diakses oleh mahasiswa , tenaga akdemik,        dan tenaga pendidikan.

 

2.    Mahasiswa

a.        Membuatkan block noteprogram studi PGSDyang berisi visi misi, dan tujuan, dan profilProgram Studi PGSD. Block note  ini diberikan kepada masing-masing mahasiswa terutama mahasiswa baru. Disamping itu block notedisediakan dalam bentuk file elektronik yang  diupload di website PGSD (http://pgsd.umm.ac.id).

b.        Sosialisasi melalui pembimbing akademikuntuk mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir. Sosialisasi ini juga dilakukan lewat informasi dipanduan skripsi.

c.         Presensi kehadiran mahasiswa

d.        Sosialisasi ke organisasi kemahasiswaan, dalam hal ini adalah himpunan mahasiswa jurusan PGSD (PAKSI) melalui rapat kerja.

e.        Sosialisasi pada waktu penerimaan mahasiswa baru menyangkut visi, misi dan tujuan program studi, kurikulum, sistem evaluasi dan informasi mengenai penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

f.          Publikasi melaluimahasiswa baik mahasiswa Reguler maupun alumni mahasiswa PJJ PGSD berbasis ICT untuk ikut serta mempublikasikan Program studi PGSD (getok tular)

g.        PembuatanBanner, dan leaflet, Backdrop

h.        Ditulis di dalam buku pedoman akademik dan buku pembinaan mahasiswa untuk dipergunakan oleh mahasiswa, tenaga akademik, serta tenaga kependidikan.

 

3.    Tenaga Pendidikan:

a.        Disosialisasikan melalui pembuatan Banner Visi, Misi, Tujuan yang dipasang di tempat-tempat yang mudah diakses oleh mahasiswa , tenaga akdemik, dan tenaga pendidikan

b.        Pemasangan frame foto visi, misi dan tujuan program studi di setiap ruang kantor, ruang laboratorium ke SDan, perpustakaan , Laboratorium Microteaching , dan ruang kelas program studi PGSD

c.         Dimuat dalam website resmi prodi PGSD FKIP UMM (http://pgsd.umm.ac.id)

d.        Sosialisasi melalui pengajian dosen dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara berkala.

 

4.    Pihak Pengguna, Masyarakat, alumni:

a.        Melalui website PGSD FKIP UMM(http://pgsd.umm.ac.id)

b.        Disampaikan pada saat kegiatan yudisium tingkat fakultas

c.         Melaluimedia elektronik,seperti TV dan Radio

d.        Melaluimedia cetak lokal dan nasional

e.        Melaluimedia yang tercetak, seperti buku dan brosur informasi penerimaan mahasiswa baru

f.          Sosialisasi ke SD Binaan FKIP pada saat kerjasama pelaksanaan Program PPL

g.        Disosialisasikan kepada alumni pada forum-forum pertemuan alumni

h.        Disosialisasikan melalui pembuatan Leaflet Visi, Misi, Tujuan yang disebarkan kepada pihak-pihak pengguna

i.          Sosialisasi pada saat penandatanganan MoU untuk kerjasama dengan sekolah-sekolah SLB yang menyelenggarakan pendidikan inklusi inklusi.

j.          Disampaikan kepada orangtua mahasiswa pada saat pertemuan dengan orang tua mahasiswa baru disetiap awal tahun akademik baru dan saat gelaran wisuda yang dilakukan empat kali dalam setahun

k.         Pengabdian masyarakat ke Sekolah Dasar

l.          Sosialisasi saat ada kunjungan tamu (orang tua mahasiswa, pemerintah, pejabat yang terkait)

m.      Disosialisasikan saat menerima kunjungan sekolah-sekolah ke PGSD FKIP UMM

n.        Disosialisasikan kepada masyarakat pengguna lulusan dan masyarakat luas pada saat ada kerjasama kemitraan penelitian dan pengabdian, kunjungan studi banding, magang kerja praktek kerja mahasiswa, dan kuliah kerja nyata

Shared:

PENGUMUMAN

dasdas

TRANSKRIP SKPI

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

20 Februari 2016

dasdas

JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL 2015/2016

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

15 September 2015

dasdas

PETUNJUK PENULISAN JURNAL

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

29 Juli 2015

dasdas

JADWAL KULIAH SEMESTER GENAP 2014/2015 TERBARU...

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

23 Februari 2015

dasdas

TRANSKRIP PEMBELAJARAN

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

07 Januari 2015

dasdas

JADWAL PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL 2014/2015

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

14 Juli 2014