Mencintai Budaya Bangsa melalui Sebuah Karya Pagelaran Drama

Jum'at, 30 Desember 2022 01:45 WIB

           

          Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan pementasan drama dengan tema “Mega Baskara”. Acara tersebut bertempat di Aula GKB 3 Universitas Muhammadiyah Malang pada hari Kamis, 29 Desember 2022 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Peserta pagelaran drama merupakan mahasiswa PGSD angkatan 2021, yang terdiri dari empat kelas. Pagelaran drama tersebut digelar setiap tahun sebagai bentuk realisasi dari proyek akhir mata kuliah Kajian Bahasa Indonesia SD yang diampu oleh Innany Mukhlishina, M.Pd dan Delora Jantung Amelia, M.Pd.

Kegiatan tahunan yang dinanti-nanti dimana setiap kelas dalam satu angkatan mempertunjukkan cerita rakyat, seni tari, hingga puisi. Pegelaran dikemas dengan unsur-unsur materi yang dimuat dalam mata kuliah Kajian Bahasa Indonesia SD sehingga mahasiswa dapat belajar dan menyalurkan bakatnya. Tak hanya itu, luaran dari kegiatan ini adalah lulusan PGSD yang multilalenta, tidak sekedar memliki kemampuan akademik dan keahlian mengajar, namun  juga  memiliki keahlian lain di bidang nonakademik.

Naila Zulfaida, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa pagelaran drama bertujuan untuk menjaga budaya nusantara, menghidupkan kembali cerita rakyat, mengajak teman teman mahasiswa untuk mencintai budaya lokal, dan tentunya mempererat tali persaudaraan antar kelas. "Pagelaran drama tidak hanya sebagai ajang kompetisi dan tugas akhir saja, tetapi juga menambah tali persaudaraan teman-teman satu angkatan" tuturnya.

Teknis dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah setiap kelas membawakan cerita dari pulau di Indonesia yang berbeda, antara lain cerita rakyat dari pulau Jawa, pulau Sumatra, pulau Kalimanta, dan pulau Papua. Pulau ditentukan di awal, kelas tidak bisa memilih sendiri. Dalam kelas dibagi menjadi dua kelompok yakni panitia penyelenggara dan tim drama yang mana terdiri dari sutradara, aktor, penulis naskah, dan lain sebagainya sehingga pelaksanan drama ini murni diselenggaran dan diperuntukan PGSD satu angkatan.

Shared: