"Literacy from The Heart" Mengantarkan Amira menjadi 2nd Runner Up Putri Pendidikan Jawa Timur 2023

Selasa, 20 Juni 2023 23:23 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)


"Literacy from the heart. This is what I learnt from my mother. It’s not only about reading and writing, but also educating people, learning to be better, teaching them what to do and not to do, and empower more. Here I am, asking you to stand together, educate people sincerely, dedicate all we have to help many more people, in the name of God, in the name of humanity. Together, we are creating the results, we all want to see. Every child is struggling to reach their potential, in the classroom, in work, and in life. Teaching is our life journey.  I strongly believe that, we can change our life through literacy from the heart, and that’s, EDUCATION. "Begitulah pidato bahasa Inggris penuh makna yang disampaikan oleh Amira Syafana, saat sesi TOP 8 Pidato advokasi, acara Grand Final Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2023 yang diselenggarakan di Grand Mall Surabaya, 11 Juni 2023. pukul 14.00 WIB. Acara yang digelar dengan sangat meriah ini dihadiri oleh ratusan orang, alumni Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2022 dan para pengunjung Mall Grand Surabaya. Sampai pada sesi TOP 5, Amira kembali terpilih dan melaksanakan sesi Q and A dan menjawab pertanyaan juri dengan sangat lantang dan tepat waktu. Pada sesi TOP 5, Amira berhasil menjawab pertanyaan juri tentang implementasi aspek Multikultural dalam pembelajaran sejarah dikaitkan dengan dunia pendidikan.

Amira saat melakukan QnA

Sampai akhirnya pengumuman pemenang lomba Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2023, dengan doa yang terus mengalir tiada henti, dan dukungan yang luar biasa dari orang tua, sahabat, tetangga, teman di medsos, teman kuliah dan dosen PGSD UMM, Amira Syafana terpilih menjadi 2nd Runner Up Putri Pendidikan Jawa Timur 2023. Acara Grand Final Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2023, disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PPPendidikan Jawa Timur. Sementara untuk babak penyisihan, semi final dan Final diselenggaarakan mulai bulan Februari 2023 sampai sesi karantina di tanggal 27-28 Mei 2023. Semua tahapan lomba, mulai dari test tulis dan kepribadian, wawancara, unjuk bakat, debat terbuka, public speaking, dan pengabdian sebagai guru di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dilakukan dengan sangat percaya diri oleh gadis berjiwa petualang yang akrab disapa Amira ini. Amira berkata semua perjuangan, pengabdian dan dedikasi dalam dunia pendidikan ini, dipersembahkan untuk kedua orang tuanya, saudaranya, dosen, dan sahabat satu asrama Putri UMM, seluruh mahasiswa prodi PGSD UMM, dan civitas akademika UMM tanpa terkecuali. Satu tagline yang selalu ada dalam benak gadis ceria ini. dan akan selalu diterapkan di dunia pendidikan, adalah Sincerity, simplicity for humanity. Semoga success story Amira Syafana mampu memberikan inspirasi bagi anak muda yang berjuang dalam bidang pendidikan.

Belajar keteladanan dari seorang BJ Habibie bahwa, ' Jadilah pribadi yang konsisten dalam menekuni suatu bidang, " secara otomatis membuat Amira tertantang untuk fokus dalam menekuni suatu bidang dalam kehidupan, yakni pendidikan dan pembelajaran. Ditambah lagi dengan pelajaran hidup yang didapatkan dari kedua orang tuanya  bahwa, "Sekalipun kita orang kecil, tapi tetap  semangat untuk bermimpi besar di tengah keterbatasan."Dua konsep kehidupan dari orang-orang yang dikagumi Amira  dalam kehidupannya membuat Amira bisa sampai ke titik yang diharapkan.


Amira terpilih sebagai Runner Up 2 Putri Pendidikan Jawa Timur

Shared: