Mewujudkan generasi yang berketrampilan dan berseni melalui pementasan drama

Sabtu, 01 Juli 2023 12:49 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Universitas Muhammadiyah Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD). Menyelenggarakan pementasan drama fabel yang bertemakan “Renjana Askala“. Kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun sebagai bentuk realisasi dari tugas akhir mata kuliah Kajian Bahasa Indonesia SD yang diampu oleh Ibu Innany Mukhlisina, M.Pd dan Ibu Delora Jantung Amelia, M.Pd. Konsep yang berbeda ini menjadikan daya tarik tersendiri dari Program Studi PGSD. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Teknik GKB 3 yang dimulai pada pukul 08.30 WIB 26 Juni 2023. Peserta pagelaraan ini merupakan mahasiswa PGSD angkatan 2022, yang terdiri dari 3 kelas. 

Pagelaran ini juga bertujuan untuk mewujudkan generasi milenial yang memiliki keterampilan dan berjiwa seni serta mengapresiasi penampilan dari mahasiswa atas kerja keras dan usaha mereka dalam memaksimalkan acara pagelaran ini. Dalam beberapa penampilan drama tersebut dari setiap kelas menyajikan berbagai penampilan seperti tarian – tarian untuk siswa sekolah dasar, dan membuat karya puisi. Selain mengadakan pagelaran, kami juga menciptakan karya – karya dari setiap mahasiswa berupa cerita anak jenjang Sekolah Dasar yang nantinya akan dijadikan buku lalu diterbitkan. 

Selanjutnya, dari sambutan ketua program studi PGSD yaitu bapak Bustanul Arifin, beliau selalu berpesan dan memotivasi mahasiswanya untuk dapat mengembangkan kualitas dan kreatifitas mahasiswanya dalam pembelajaran seperti pagelaran drama tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa mata kuliah ini juga dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa.

Teknis dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah setiap kelas membawakan cerita fabel dari pulau di Indonesia yang berbeda, antara lain cerita fabel dari pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. 

Pagelaran ini dihadiri tamu undangan, seperti kaprodi PGSD, dosen PGSD, dan mahasiswa PGSD semua angkatan. Tamu dan mahasiswa sangat menikmati acara pagelaran, sambil menunggu dan persiapan penampilan mereka menikmati hidangan yang disediakan pihak panitia.

 

 

 

 

Shared: