PGSD UMM Gelar Seminar Nasional Inovasi Literasi dalam Society 5.0 untuk Mewujudkan Mahasiswa dan Guru Inovatif yang Melek Literasi

Minggu, 04 Juni 2023 22:24 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)


Sebuah seminar nasional dengan tema Inovasi Literasi dalam Society 5.0 diadakan di aula GKB 4 UMM pada tanggal 23 Mei. Seminar ini menampilkan beberapa pembicara, antara lain Ms. Laurentia Mira, SH, Dipl. Montessori (Pendiri Link Study Center), Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si (Dosen Bahasa Indonesia UMM), dan Mark Heyward, Ph.D. (Direktur Program INOVASI) sebagai keynote speaker. Peserta seminar terdiri dari mahasiswa program studi PGSD UMM angkatan 2020 hingga 2022, kepala sekolah, dan perwakilan guru SD di wilayah Malang Raya.

Prof. Dr. Fauzan, M.Pd, Rektor UMM, memberikan sambutan yang menyatakan bahwa PGSD UMM harus menjadi penggerak positif dalam memajukan literasi untuk mencapai perbaikan peradaban dan kehidupan. Hal ini sejalan dengan program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia), yang bertujuan agar mahasiswa calon guru memiliki keterampilan dan kompetensi dalam mengembangkan literasi pada anak didiknya. Muhamad Ardi Budi, Manajer Provinsi Inovasi Jawa Timur, berharap agar program INOVASI dapat mempersiapkan mahasiswa PGSD UMM sebagai calon guru agar lebih siap ketika mereka lulus dan menjadi pengajar di dunia pendidikan. Dr. Sugiarti, M.Si, Wakil Dekan I FKIP UMM, berharap bahwa seminar ini akan menghasilkan solusi-solusi efektif untuk memasyarakatkan literasi di sekolah dan dapat diimplementasikan dalam program INOVASI serta program studi lainnya.

Dalam pidato kuncinya, Mark Heyward, Ph.D, menyampaikan terima kasih kepada UMM dan berharap agar program INOVASI dapat menghasilkan mahasiswa yang inovatif, unggul, kompetitif, dan memiliki keterampilan dalam mengajar peserta didik. Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si, menjelaskan materi dengan judul "Sebuah Catatan untuk Memerdekakan Belajar Masyarakat", yang menyatakan bahwa manusia menjadi pusat kemajuan teknologi dalam era Society 5.0. Ini berarti teknologi harus memberikan kebebasan kepada manusia, terutama dalam bidang literasi. Ms. Laurentia, Pendiri Link Study Center, menjelaskan metode pembelajaran A-Z Montessori, yang merupakan metode inovatif dalam mengatasi tantangan mendidik anak yang mengalami disleksia. Metode A-Z Montessori bertujuan untuk meningkatkan literasi pada anak dengan menyampaikan materi secara naratif dan didukung oleh penggunaan media pembelajaran dalam praktik.
 

Shared: