Sukses Skripsi, Bebas Plagiasi

Rabu, 20 Januari 2021 08:53 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kegiatan I-Show rutin Prodi PGSD FKIP hadir kembali dengan mengusung tema “Sukses Skripsi, Bebas Plagiasi”. Kegiatan I-Show kali ini dilakukan berbeda dari minggu-minggu sebelumnya karena suasana pandemi. Pada kegiatan kali ini menghadirkan pembicara yang memang mumpuni di bidang Tips and Trik Plagiasi dan Skripsi yaitu Ibu Dian Ika Kusumaningtyas, M.Pd beliau adalah Dosen PGSD FKIP UMM. Bu Dian mengatakan bahwa dalam penyusunan skripsi tidak hanya dilakukan sebagai suatu hal yang menggugurkan tugas agar dapat lulus dan memperoleh gelar S.Pd, minset yang seperti itu pada mahasiswa semester akhir harus dihilangkan karena pada hakekatnya skripsi ini merupakan karya tulis atau hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi sarjana dan memiliki kebermanfaat bagi setiap pembaca yang membaca skripsi tersebut. Seperti contohnya dalam pengembangan media pembelajaran yang sedang tren saat ini, mahasiswa tidak hanya sekedar membuat media nya saja namun apakah media tersebut sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang timbul pada pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu agar skripsi tersebut memiliki kebermanfaatan bagi pembaca, seyogya peneliti harus melakukan persiapan yang matang dalam penelitian. Persiapan yang dilakukan adalah mencari topik yang unik dan menarik, mendalami ruang lingkup penelitian yang akan diteliti, misalnya pengembangan media, pengembangan evaluasi, LKPD dll, mencari atau mengangkat isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan di dunia pendidikan saat ini, serta konsultasikan dengan dosen pembimbing.

Terdapat juga beberapa faktor yang dapat menjadi penghambat mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi yaitu faktor internal dan faktor eksternal.  Faktor internal itu berasal dari diri sendiri misalnya ada rasa malas, kurang motivasi serta ada permasalahan pribadi sehingga mempengaruhi mood dalam pengerjaan skripsi. Selain itu ada pula faktor eksternal misalnya bisa kekurangan bahan atau referensi sumber penelitian, lingkungan penelitian seperti di sekolah ada kendala subyek sulit ditemui, kesulitan dalam mencari data penelitian, dosen pembimbing yang sulit dihubungi.

Dari faktor-faktor yang dapat menghambat pengerjaan skripsi perlu adanya penanganan atau penyelesaian kendala tersebut misalnya pada saat mahasiswa bosan dengan suasana pengerjaan skripsi seperti dikos bisa mencari tempat atau lokasi yang dapat meningkatkan mood bisa di cafe, perpustakaan. Selain itu bisa melakukan sharing dengan tim bimbingan, yang memiliki topik atau penelitian yang sama dapat juga saling bertukar pikiran kendala yang dihadapi solusi nya yang sudah dilakukan seperti ini dapat menjadi contoh bagi temannya yang lain.  Selain itu jika permasalahan dari dosen pembimbing, mahasiswa perlu mengenali lebih dalam karakteristik dosennya apakah dosen tersebut perfeksionis, tepat waktu, cara bicara yang mungkin agak keras, atau sulit ditemui perlu dikenali dan perlu adanya penyiapan mental sejak dini karena tidak ada dosen pembimbing yang akan menyesatkan mahasiswa bimbingannya, pasti akan selalu dibantu dan diberikan jalan keluar dari permasalahan atau kesulitan dalam penelitian skripsi yang dilakukan.

Shared: