Yudisium FKIP UMM Periode IV dan V: Wajah Pendidik di Masa Depan

Kamis, 10 Agustus 2023 04:11 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Potret mahasiswa bersama jajaran fakultas

Acara Yudisium Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang Periode IV dan V dilaksanakan Rabu (09/08/2023), diikuti sebanyak 251 peserta. Acara ini diadakan secara luring di Auditorium Dome UMM ini dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas beserta kepala program studi.  Acara ini mengangkat tema “Peningkatan Proefionalisme Guru di Era Digital Menuju Generasi Emas Indonesia”.

Guru Profesional dengan kemampuan digital menjadi garda terdepan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas tahun 2045. Acara ini juga dihadiri oleh H. Ibnu Hajar, M.Pd. Beliau merupakan alumni Program Studi PPKN dan juga sastrawan budayawan nasional. beliau membawakan pidato ilmiah “Menguasai Profesionalisme Guru?”.

Ibnu, sapaan akrabnya, integrasi keterampilan pedagogik dan profesional dengan teknologi penting untuk mempersiapkan generasi penerus yang unggul. Penggunaan teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar, dan guru dapat berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam memahami dan mengaplikasikan informasi dengan lebih baik. Jadi, bukan ancaman, tetapi peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Sejalan dengan itu, Dekan FKIP, Dr. Trisakti Handayani, M.M., dalam sambutannya, juga menyatakan pendekatan tersebut sangat bijak, menggabungkan adaptabilitas dengan dasar agama untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing dan berakhlak mulia. Ali Bin Abi Thalib dan Albert Einstein memberikan pandangan yang kuat tentang pentingnya menyelaraskan pendidikan dengan tuntutan zaman serta mengakui pentingnya hubungan antara ilmu pengetahuan dan agama. Dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip ini, lulusan FKIP UMM dapat menjadi individu yang berintegritas dan mampu berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Tentu saja, komitmen yang ditunjukkan dalam mendorong dan mengapresiasi prestasi mahasiswa sangat penting. Dengan lebih dari 70 mahasiswa yang meraih prestasi non akademik melalui berbagai kejuaraan lomba, publikasi karya ilmiah, perolehan HaKI, dan keaktifan dalam kegiatan MBKM, ini adalah bukti nyata dari dedikasi universitas terhadap pengembangan holistik mahasiswa.

Wisudawan terbaik pada yudisium periode ini merupakan mahasiwa PGSD yang bernaman Citra Afrilia Nur Kholifah terbaik tingkat fakultas atas perolehan IPK sempurna (4,00) dengan masa studi 3 tahun 10 bulan. Atas raihan prestasi ini, Citra mengaku sangat bersyukur. Dalam pidatonya, ia pun mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika FKIP UMM yang selalu mendorong dan mendukung mahasiswa menorehkan prestasi. Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini pun mengaku sangat bangga menjadi alumni FKIP UMM. “Menjadi bagian dari FKIP UMM adalah salah satu hal terbaik bagi saya. Dari sini, saya betul-betul menyadari bahwa saya nantinya adalah pekerja yang mendapatkan uang, tetapi saya dan rekan-rekan semua adalah jembatan bagi anak-anak Indonesia untuk mendapatkan kesempatan belajar seumur hidup melalui pendidikan inklusif dan berkualitas untuk Pembangunan Indonesia berkelanjutan,” katanya. (IR)

Shared: