Olga, Mahasiswa PGSD UMM: Meraih Prestasi Jurnal Sinta 2 Tanpa Skripsi

Selasa, 05 September 2023 02:05 WIB   Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Mahasiswa PGSD yang lulus tanpa skripsi

Salah satu pencapaian yang membanggakan datang dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di UMM yang berhasil lolos seleksi Jurnal Nasional dengan predikat Sinta 2. Kabar prestasi ini disampaikan oleh Dyah Worowirastri Ekowati, M.Pd., selaku Dosen PGSD UMM yang juga anggota tim peneliti jurnal. Mereka sangat bersyukur karena salah satu mahasiswa PGSD UMM berhasil menerbitkan jurnal penelitian yang diakui oleh Kemendikbud Ristek dan mendapatkan akreditasi tinggi di tingkat Sinta 2. Dyah menerangkan bahwa prestasi ini sangat luar biasa, terutama karena mahasiswa tersebut berhasil lulus tanpa harus menyelesaikan skripsi, dan bahkan mampu menerbitkan jurnal di tingkat Sinta 2 yang memiliki akreditasi tinggi.

Mahasiswa yang mencapai prestasi ini adalah Olga Putriana Wati, yang memiliki minat dalam bidang matematika. Minat ini tercermin dari respect Olga, yang bahkan selama liburan semester, ia menjadi guru bantu di salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) terkemuka di Kota Malang. Dosen PGSD UMM mendukungnya untuk menerbitkan jurnal penelitian berjudul "Bead Maze Media Semiotics Objects: A Study Of Mathematics Teaching For Autism Students In Elementary School," yang dapat diakses melalui tautan https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/issue/view/2486.

Proses penyusunan jurnal Sinta 2 ini tidaklah singkat, dan Dyah menjelaskan bahwa Olga telah memulai persiapan jurnal tersebut sejak semester empat. Selama satu tahun penuh, Olga dan tim Dosen bekerja keras bersama untuk melewati tahapan seleksi akreditasi jurnal Sinta. Dalam jurnal ini, secara umum, diteliti tentang penggunaan media pembelajaran matematika untuk peserta didik autis, termasuk tantangan yang muncul baik dari internal maupun eksternal. Salah satu contoh tantangan internal adalah kematangan guru dalam memahami penggunaan media pembelajaran matematika.

Media Pembelajaran yang digunakan oleh Olga

Dyah juga menekankan bahwa prestasi ini merupakan yang pertama dalam sejarah PGSD sejak berdirinya program ini. Dyah juga menyampaikan ucapan terima kasih secara pribadi kepada Olga yang memilih meneliti dalam bidang matematika sebagai tugas akhirnya, terutama karena ia menjadi lulusan pertama yang berhasil lulus tanpa harus menyelesaikan skripsi. Pengorbanan yang dilakukan, baik dalam hal materiil maupun non-materiil, sangat dihargai. Terakhir, Dyah memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa "Selalu kami mengingatkan bahwa ada banyak cara untuk meraih gelar sarjana, dan PGSD UMM memberikan alternatif lain untuk lulus, seperti menerbitkan jurnal nasional/internasional atau menciptakan karya ilmiah".(Rin)

Shared: